Ads Top

Makanan Yang Memicu Emosional Di Aceh Besar

Makanan Yang Memicu Emosional Di Aceh Besar



Makanan Yang Memicu Emosional Di Aceh Besar

Beberapa tahun terakhir ialah masa yang menegangkan untuk saya. Akibatnya, guna kesatu kalinya dalam hidup saya, saya terbiasa santap stres.

Saya mengacu pada rutinitas emosional, santap sembarangan dan ngemil. Mengisi diriku dengan junk food, bukan untuk memenuhi perutku, tapi sebab aku bosan, stres dari kehidupan sehari-hari, kewalahan, atau kelelahan.

Lebih buruk lagi, kadang-kadang saya santap tanpa menyimak makanan atau benar-benar menikmatinya. Tiba-tiba, saya mengharapkan cokelat atau keripik atau pizza dan tidak terdapat yang tersiar bagus. Jadi, saya menurunkannya sambil menyaksikan TV, menyimak buku, atau bermain di iPad saya. Kebutuhan untuk santap tidak datang dari perut saya namun dari dalam kepala saya. Saya tidak santap sampai kenyang namun sampai saya merasa tidak nyaman.

Niat awal pada saat makan

Kadang-kadang saya mengawali dengan niat baik dalam makan sesuatu yang sehat laksana sayuran, namun saya masih tidak dapat melepaskan keripik tersebut dari benak saya. Tidak puas, saya santap semangkuk besar popcorn beranggapan yang akan mengerjakan trik. Aku kenyang, namun aku tidak dapat berhenti memikirkan nacho yang aku mau sejak awal. Jadi saya akhirnya santap sayuran, popcorn, DAN nacho. Perutku begitu sarat dan kembung, kesudahannya aku merasa paling sedih. Dalam benakku yang bengkok, aku meyakinkan diriku bahwa aku mesti pergi guna nacho di masa-masa berikutnya daripada seluruh kalori tambahan yang aku santap sebelum santap apa yang benar-benar kuinginkan. Jadi itulah yang saya lakukan.

Secara singkat, saya merasa lebih baik, tetapi lantas saya merasa jijik dengan diri saya sendiri.

Terdengar akrab?

Jadi apa yang dapat kita semua kerjakan untuk berhenti santap stres dan menghindari eskalasi berat badan yang tidak diharapkan yang seringkali terjadi? Berikut ialah beberapa tips simpel yang saya rencanakan guna digunakan:

Identifikasi Emosi dan Pemicu

Bersantailah, santap stres bukan semua kekeliruan Anda dan sebetulnya memiliki dalil logis di baliknya.

Ketika kita merasa stres, tubuh kita menghasilkan hormon kortisol tingkat tinggi. Kortisol menambah nafsu santap dan memicu kemauan akan makanan yang asin, tinggi karbohidrat, manis, dan tinggi lemak. Makanan-makanan ini memberi kita energi dan kesukaan dengan menambah respons dopamin yang baik dari otak. Seiring waktu, benak Anda barangkali mulai bergantung pada makanan yang mendinginkan ini untuk mendinginkan diri dan merasa lebih baik.

Di samping itu, andai Anda tidak istirahat di malam hari sebab Anda cemas, itu melulu akan memperburuk masalah. Dan andai hidup kita terasa tidak terpenuhi dan kosong, makanan dapat memenuhi kekosongan.

Jadi, tahapan kesatu ialah mencari tahu apa yang menciptakan Anda meraih kantong keripik itu. Apakah hidup kita terasa di luar kendali? Apakah anda frustrasi? Kewalahan? Gila? Gelisah?

Fokus pada masalah nyata yang terdapat dan Anda bakal siap untuk tahapan selanjutnya.

Belajarlah guna Menerima Perasaan Anda

Seringkali, kita santap untuk menghindari perasaan yang membuat anda tidak nyaman. Makanan kadang-kadang adalahgangguan yang menyenangkan.

Jika kita stres tentang kegiatan atau tekanan finansial Anda, cemas tentang acara yang bakal datang, atau meributkan pertengkaran kita dengan orang yang dicintai, seringkali lebih gampang untuk konsentrasi pada santap makanan yang mendinginkan daripada berurusan dengan kondisi yang menyakitkan.

Namun, emosi tidak bakal hilang. Jika kita stres makan, Anda pun akan meningkatkan beban rasa bersalah sebab menyabot destinasi penurunan berat badan Anda. Ini mengawali seluruh siklus - dan bukan yang baik. Emosi Anda merangsang Anda untuk santap berlebihan, kita menyalahkan diri sendiri sebab merusak diet Anda, Anda meningkatkan berat badan, merasa lebih bersalah, dan lantas makan berlebihan lagi untuk mengupayakan dan menciptakan diri kita merasa lebih baik.

Jadi, beri diri kita izin guna merasa marah, takut, cemas, bersalah, atau kelelahan. Undanglah perasaan negatif tersebut untuk mendatangi dan menerimanya dengan baik. Akhirnya, tubuh dan benak Anda akan mengetahui bahwa perasaan ini baik-baik saja. Bahwa kita tidak butuh menghibur diri dengan makanan untuk mengayomi Anda dari emosi kita sendiri.

Yang benar ialah ketika kita tidak mengupayakan dan mengurangi perasaan negatif - bahkan bila tersebut menyakitkan - tersebut akan menolong Anda berhenti terobsesi dengan emosi Anda. Perasaan Anda bakal kehilangan kekuatan mereka atas Anda. Anda bakal belajar mengendalikan kegelisahan dan menanggulangi perasaan negatif dengan teknik yang lebih konstruktif.

Sebagai bonus, saat Anda memperhatikan dan menerima perasaan Anda, kita akan mengejar apa yang sebetulnya Anda butuhkan dan lantas membuat evolusi yang dibutuhkan dalam hidup Anda.

Berhentilah sejenak

Luangkan masa-masa sejenak guna berhenti dan renungkan kenapa Anda hendak makan. Katakan pada diri kita bahwa Anda bakal menunda makan melulu lima menit. Selama masa-masa itu, Anda bakal memberi diri Anda peluang untuk menciptakan pilihan yang bertolak belakang dari meraih kantong keripik itu.

Tanyakan pada diri kita bagaimana perasaan Anda. Pahami apa yang memotivasi keperluan Anda untuk santap dan pikirkan teknik yang lebih baik untuk menanggulangi perasaan itu. (Lihat bagian inilah ini untuk sejumlah ide mengenai cara-cara positif guna menghadapi emosi negatif.)

Namun, andai Anda masih benar-benar mengharapkan semangkuk es krim, barangkali lebih baik untuk merasakan secukupnya. Seperti yang saya pelajari dari empiris saya yang berhubungan di awal tulisan ini, makan tidak sedikit sayuran dan kue beras saat Anda benar-benar mengharapkan keripik atau cokelat tidak bakal bekerja dalam jangka panjang.

"Jangkau sesuatu yang kita tidak benar-benar inginkan, dan Anda ingin makan lebih tidak sedikit karena tersebut tidak memuaskan," jelas Michelle May, MD, pengarang Eat What You Love, Love What You Eat. Jadi, silakan dan manjakan diri, namun ste

Makanan Yang Memicu Emosional Di Aceh Besar Makanan Yang Memicu Emosional Di Aceh Besar Reviewed by A-san on November 27, 2019 Rating: 5

No comments